Buka Pelatihan Bagi Kelompok UPPKA, Bupati Inhil Harap Peserta Dapat Memotivasi yang Lain untuk Bergabung 

Asisten II Bidang Ekonomi Setda Inhil, Drs. H. Mukhtar T, saat membuka pelatihan bagi kelompok UPPKA, Sumber foto: Dok. Siberone.com/Yusuf

SIBERONE.COM - Berbicara masalah Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA) tidak dapat lepaskan dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) sebagai institusi pemerintah yang telah melahirkan program dalam bentuk pemberdayaan ekonomi masyarakat yang sebagian besar anggotanya adalah peserta dari keluarga pra sejarah dan keluarga sejahtera yang aktif berusaha secara kelompok.

Pernyataan ini diungkapkan oleh Bupati Inhil HM Wardan yang diwakili oleh Asisten II Bidang Ekonomi Setda Inhil, Drs. H. Mukhtar T, saat membuka langsung pelatihan pemberdayaan ekonomi keluarga bagi kelompok UPPKA yang ditaja oleh Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A), di Hotel Tembilahan, Senin (12/12/2022).

Kemudian, Bupati menyebut bahwa melalui usaha produktifnya diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga, selain itu melalui interaksi antar anggota kelompok UPPKA diharapkan dapat pula meningkatkan kesertaan ber KB anggota kelompok uppka sendiri maupun sekitarnya.

"Perlu saya kemukakan bahwa kondisi UPPKA di Indragiri Hilir saat ini ditinjau dari kualitas dan kuantitas tentulah dirasa makin kurang dari apa yang diharapkan, namun saya percaya dengan dilaksanakannya pelatihan ini akan dapat memotivasi para pengurus UPPKA yang ikut serta pelatihan untuk mengembangkan usaha dan aktivitas kelompok masing-masing," ujarnya.

Selanjutnya, dengan dilaksanakan kegiatan ini Bupati Inhil HM Wardan berharap kepada para peserta untuk memotivasi saudara -saudara yang lain agar mau bergabung, guna melakukan aktivitas bersama dalam menambah penghasilan ekonomi dalam keluarga mereka dalam bentuk usaha produktif sehingga kedepan akan muncul kelompok-kelompok UPPKA lainnya di tengah-tengah masyarakat yang telah ber KB. 

"Mengingat program pemberdayaan ekonomi keluarga yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan keluarga dilaksanakan melalui usaha mikro, maka kegiatan pelatihan ini juga mengundang narasumber yang berasal dari BKKBN provinsi Riau dan BPD AKU untuk menyampaikan materi yang dapat memahami berkaitan antara UPPKA yang diprogramkan oleh BKKBN sehingga kedepan dapat dilakukan pembinaan maupun permodalan untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas kelompok UPPKA di Kabupaten Inhil," pungkasnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar